Satgas Covid-19: Pemerintah Pusat Siap Dukung Penuh Penanganan di Kudus

Redaksi | 6 Juni 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kota Kudus di Provinsi Jawa Tengah tengah menjadi sorotan saat ini. Satatan Satgas Penanganan Covid-19, provinsi mencatatkan kenaikan secara stagnan mulai minggu kedua bulan Mei 2021 dan tertinggi secara nasional. Jumlahnya mengalami kenaikan 51% dibandingkan minggu sebelumnya. Melihat peta zonasi risiko, Jawa Tengah memiliki 1 kabupaten/kota dalam zona merah, yakni Kudus. Ada 10 kabupaten/kota masuk zona oranye, 2 kabupaten/kota masuk zona kuning. 

"Pemerintah pusat siap memberikan dukungan berupa dana siap pakai kepada pemerintah kabupaten Kudus, berikut bantuan lain seperti tenda isolasi, masker kain, dan hand sanitizer," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Lonjakan kasus di Kudus disebabkan kegiatan ziarah keagamaan dan tradisi kupatan paska Idul Fitri. Saat ini pencegahan penularan dan penanganan kasus yang sudah ada. Metode Whole Genum Sequencing (WGS) sedang dilakukan di Kudus untuk mengetahui varian apa yang tersebar. Hasilnya akan diumumkan kemudian.
 
Dalam upaya penanganan di berbagai daerah, pemerintah telah menyajikan perkembangan tingkat nasional secara rutin melalui publikasi data beserta analisisnya. Data ini bersumber dari pemerintah daerah dan terakumulasikan di bawah sistem data kesehatan yang dinaungi Kementerian Kesehatan.  

Satgas di seluruh daerah didorong untuk berlomba-lomba memperbaiki sistem pencatatan dan pelaporan masing-masing yang dilakukan secara paralel, dengan upaya pemerintah pusat menjamin sistem data pusat-daerah yang interoperable. 

Masyarakat diminta turut andil mencegah penularan dengan menunda berkegiatan bagi yang memiliki gejala. Dan bagi yang bergejala, segera mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. "Sehingga kasus di tingkat mikro dapat lebih cepat terdeteksi dan lebih cepat memperoleh penanganan," pungkas Wiku. 

Sumber: Covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait